Kamis, 27 Desember 2012

LIBURAN SEPUTAR PANGKALAN BUN KALTENG

    

Gambaran umum Pangkalan Bun

Pangkalan Bun merupakan kota yang sekaligus menjadi ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini terkenal dengan slogannya kota Manis yang berarti Minat, Aman, Nikmat Indah dan Segar. Kota ini mempunyai kontur yang berbukit dan berlembah, letaknya berada di pinggir sungai. Di sekitar kota ini telah banyak berdiri lahan usaha dari perusahaan perkebunan dan silvikultur yang menjadikan kota ini sebagai hub mereka. Semntara itu yang paling terkenal dari Pangkalan bun yaitu batu kecubung yang kerap kali dibawa untuk oleh-oleh para traveling yang berkunjung ke sini. Kemana tujuan anda untuk mengisi waktu liburan panjang ini.  Ada 2 pilihan realistis yaitu  antar keluar rumah atau tetap berdiam dirumah.  Seandainya pilihan pertama yang anda putuskan saya rasa persiapan berwisata ria     itu    sudah dipersiapkan jauh jauh hari.        

    Hanya saja faktor cuaca perlu menjadi     pertimbangan       ketika melaksanakan travelling bersama keluarga.  Cuaca hujan dan angin kurang  bersahabat akhir akhir ini.
  Atau mau bareng sama kami, dijamin     syurrrr,,,  yops pantai Bali,,,. eeh, salah pantai Kubu. pantai yang berada di pangkalan bun, Kalteng.
   
kubu3    Pantai kubu ini sendiri berpasir putih agak kecoklatan, tetapi air lautnya berwarna coklat pengaruh dari hutan-hutan gambut. Pantainya sendiri landai jadi sangat cocok untuk bermain-main dengai air di pantainya.
   Maka kini saatnya anda dan keluarga cuci mata menyaksikan indahnya pasir di pantai ini Lihatlah dokumentasi foto diatas, sudah berapa lama anda tidak melihatnya.  Cucilah mata secara alami, segarkan badan dengan menghirup udara segar    nan bersih. 
      Negeri ini indah, tidak usyahlah Tuan dan Nyonya susah susah pergi keluar negeri   kalau mau melihat keindahan alam. Seorang Pujangga pernah mengatakan bahwa ketika Tuhan    yang Maha Kuasa menciptakan Nusantara ini, Tuhan sedang tersenyum.   Maka      terbentanglah keindahan gunung, pantai, tanah yang subur kaya makmur. Tanah airku tumpah darahku      tanah yang indah damai nyata.
       Dengarkan kicauan burung dan dengarkan pula  gemericik      air     pantai    nan  deras berlomba-lomba ke pantai.  Rasakan hembusan angin sepoi sepoi,  Kemudian jangan lupa wisata kuliner, rasakan nikmatnya  sop kepiting , es kelapa dan ikan kakap serta lalapan dedaunan hijau .  Pasti anda bisa melupakan segala keruwetan pekerjaan yang ngak pernah habisnya itu.

       Pantai Kubu terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan tengah. Pantai ini merupakan daerah nelayan yang menghadap ke Laut Jawa. Pantai berpasir putih kecoklatan ini merupakan salah satu obyek wisata favorit di Pangkalan Bun dan dapat menjadi tempat yang cocok untuk mengasingkan diri dari keramaian kota. Air di Pantai Kubu ini berwarna kecoklatan yang disebabkan oleh pengaruh dari hutan gambut yang berada tak jauh dari pantai.
         Ketika berada di Pantai Kubu ini, anda dapat mencoba bananaboat. Untuk dapat menikmati deburan ombak dengan bananaboat, Anda harus masuk ke lokasi wisata dengan sebuah patung di pintu masuknya. Di lokasi ini terdapat dua pintu masuk, yakni pintu masuk berbentuk kepiting dan pintu masuk dengan patung buaya di depannya. Kedua pintu masuk ini memiliki kelebihan tersendiri. Jika wisatawan datang melalui pintu masuk berbentuk kepiting, maka wisatawan akan dapat menjejakakan kaki di dermaga kayu sepanjang kurang lebih 300 meter dari bibir pantai mengarah ke laut.
Di dermaga kayu ini wisatawan dapat merasakan semilir angin pantai yang sangat menyejukkan, sambil menikmati keindahan panorama pantai lepas laut. Sedangkan bagi wisatawan yang mengunjunggi Pantai Kubu melalui pintu masuk dengan patung buaya, wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang ditawarkan, salah satunya adalah bananaboat. Selain itu ada juga penyewaan perahu untuk berkeliling dengan biaya yang cukup murah yakni Rp 10.000 per orang.
  Fasilitas lainnya yang terdapat di obyek wisata ini sudah cukup lengkap. Ada warung makan yang menjajakan makanan hasil olahan laut seperti cumi-cumi, kerang, kepiting, lobster dan olahan laut lainnya. Di lokasi ini juga terdapat toko-toko khusus yang menjual souvenir khas daerah Kalimantan. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar obyek wisata Pantai Kubu ini pun telah banyak berdiri penginapan yang siap disewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar