Sabtu, 03 November 2012

Contoh bentuk wawancara, usaha sukses


Topik: usaha sukses
Ini adalah salah satu bentuk wawancara saya dengan pengusaha yang telah sukses dalam usahanya sehingga ia dapat menguliahkan anak anaknya. Namanya pak Andre, ia adalah seorang pengusaha penjahit pakayan yang sukses.
Chandra     : Slamat siang pak..?
 Pak andre : Selamat siang juga dik,,
Chandra     : Lagi sibuk ya pak, maaf aku ganggu waktunya sebentar ya pak!
Pak andre  : Oh,,, silahkan, ada yang bisa aku bantu?
Chandra     :Ini pak mau ngobrol-ngobrol seputar bisnis bapak. Berhubungan bapak kan bisnis jahit pakayan, bolehkan bapak jadi narasumber saya,,
 Sejak kapan memulai bisnis jahit pakayan di daerah ini pak, sampai bisa sebesar ini?
Pak andre: oh ya,,,,,
                   Gini, awal bisnis bapak ini sekitaran tahun 2002, atau sejak sepuluh tahun silam.
Chandra   : Bagaimana awal kesuksesan usaha ini pak?
Pak andre: he,,,he,,,
       Panjang ceritanya dek. Dulunya bapak kerja di salah satu perusahaan finance, namun karna kurang kecocokan bapak berhenti dan kerja di sebuah pabrik pakayan..
Chandra   : oh ya, bisa di ceritakan lebih luas lagi pa, jadi penasaran nih,,,
Pak andre: Sejak bapak kerja di pabrik pakayan, saya kerjanya dari pagi sampai pulul 4 sore, jadi sore saya mamfaafkan untuk mengajari istri menjahit di rumah, saya memperoleh mesin jahit dari hasil tabungan saya selama itu, nah selama beberapa tahun saya dan istri harus hidup seadaya hasil upah kerja. Dan karna ke sabaran dan keuletan selang beberapa tahun saya dah bisa menambah modal usaha sendiri, setelah merasa bisa saya pusatkan kerja usaha sendiri dengan keluar dari pekerjaan saya, nah sejaklah usaha saya dilakono
Chandra: Emang dulunya mengenyam pendidikan khusus jahit ya pak?
Pak andre: Dulunya saya hanya tamatan SMP karna keterbatasan ekonomi sekolah saya putus di tengah jalan. Saya hanya memperoleh sedikit ilmu ketrampilan menjahit saat kerja di perusahaan pakayan tsb, setelah saya usaha sendiri ilmu yang saya dapat saya gunakan kembali,,
Chandra   : Ada kesulitan-kesulitan apa saja pak dalam mengembangkan usaha bapak?
Pak andre: Wah,,,, sangat banyak dik,   tapi yang masih saya ingat sampai sekarang ialah waktu merintis awal, dimana hasil jahitan saya kurang mendapat perhatian dimasyarakat, modal usaha yang gak sebrapa harus diolah sebisanya, sementara hasil produksinya menurun.
Chandra   : Jadi bagaimana usaha bapak ko bisa sampai sebesar ini pak?
Pak andre: Menyadari itu, saya cari informasi di internet dan saya pelajari seluruhnya cara  jitu dalam mengelola usaha, saya terapkan, dan hasilya selangkah demi selangkah usaha saya bisa sampai sebesar ini dan mempekerjakan lebih dari 20 orang karyawan.
Chandra  : Trus apa motivasi bapak dalam usaha bapak dan harapan bapak untuk orang lain   kedepannya
Pak andre: Ya saya ingin teman- teman jangan menunggu kesempatan kerja, tapi ciptakanlah kesempatan. Jadi intinya dalam bekerja itu kita harus bekerja keras, gak boleh ngeluh, percaya diri. Jangan menyia-nyiakan pendidikan, usaha apapun jika di kerjakan dengan kesabaran akan berbuah dengan baik dan tentunya slalu minta petunjuk kepada TYME, hm.
Chandra   :Siiip.. Okelah kalau begitu pak, semoga mermamfaaf bagi smua orang..
                   Makasih ya pak dah bersedia jadi narasumber saya, kaka-kapan saya mampir lagi
Pak andre: Ha,, ha,, ha.. sama-sama dik.
Setelah percakapan selesai saya pun bersalaman dengan pak Andre..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar